Senin, Juli 22, 2024
BerandaNasionalPresiden Jokowi Sebut Umat Hindu Banyak Berkontribusi Membangun Bangsa

Presiden Jokowi Sebut Umat Hindu Banyak Berkontribusi Membangun Bangsa

barbareto.com | Jakarta – Presiden RI Joko Widodo membuka gelaran Mahasabha XII Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) di Jakarta.

Mahasabha XII dilaksanakan dengan sistem hybrid. Ajang ini mengagendakan pembentukan kepengurusan PHDI Pusat masa bakti 2021-2026. Diketahui bersama kepengurusan PHDI tahun 2016-2021 ini diketuai oleh Wisnu Bawa Tenaya.

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan bahwa nilai-nilai luhur agama Hindu yang menyatu dengan kearifan budaya nusantara telah berkontribusi besar bagi upaya membangun fondasi peradaban bangsa.

“Saya berharap kepada para pemimpin umat Hindu dari seluruh Indonesia menjadi contoh dan pionir dalam menjaga persatuan, selalu memperkuat modal sosial,” kata Presiden, di Jakarta, pada Kamis kemarin. (29/10/21)

“Teruslah menyebarkan semangat toleransi dan moderasi beragama keseluruh penjuru Indonesia dan bahkan keseluruh dunia,” tambahnya.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa dengan nilai-nilai luhur agama yang menyatu dengan kearifan budaya nusantara, umat Hindu banyak berkontribusi besar bagi pembangunan fondasi peradaban bangsa dengan terus menjaga keharmonisan sebagai jalan menuju kebahagiaan.

“Dengan memohon asung kerta wara nugraha ida Sanghyang Widhi wasa maka Mahasabha XII, saya nyatakan dibuka. Terimakasih. Om Santhi Santhi Santhi Om,” tutup Presiden.

Baca juga : Presiden Jokowi Bakal Jajal Sirkuit Mandalika Dalam Waktu Dekat

Ketua Umum PHDI Pusat Wisnu Bawa Tenaya menyampaikan bahwa Mahasabha XII ini agar digunakan sebagai momentum untuk menyiapkan umat dalam menghadapi era perubahan disrupsi teknologi yang sangat cepat.

Presiden Jokowi Sebut Umat Hindu Banyak Berkontribusi Membangun Bangsa
I Gusti Ngurah Sudiana – Ketua PHDI Bali

“Kuncinya adalah Sumber Daya Manusia yang tangguh dan unggul,” kata Wisnu Bawa Tenaya.

Wisnu Bawa Tenaya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya dari umat Hindu kepada Presiden beserta seluruh jajaran pemerintah atas tindakan cepat dan tepat dalam menangani dampak Pandemi Covid-19.

“Kinerja pemerintah terbukti berhasil untuk mengendalikan penyebaran kasus Covid-19 jauh lebih baik dari negara tetangga dan sekaligus juga mampu menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia walau diterpa wabah,” kata Wisnu Bawa Tenaya.

Wisnu Bawa Tenaya menegaskan bahwa umat Hindu siap berperan serta mendukung program pemerintah, seperti Moderasi Beragama, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan program-program lainnya dalam rangka mewujudkan Indonesia Maju.

Ketua PHDI Bali, I Gusti Ngurah Sudiana menyampaikan bahwa dalam Mahasabha PHDI XII ini, PHDI Bali mengirim dua orang perwakilan ke Jakarta.

‚ÄúDari Bali ada yang berangkat dua orang ke Jakarta. Juga ada yang akan mengikuti Mahasabha ini secara virtual sebanyak 27 orang,” kata I Gusti Ngurah Sudiana yang juga Rektor UHN IGB Sugriwa, Denpasar.

Dalam pemilihan Pengurus PHDI untuk masa bakti 2021-2026, I Gusti Ngurah Sudiana mengatakan bahwa Provinsi Bali menyumbang sebanyak 10 suara.

I Gusti Ngurah Sudiana berharap agar Mahasabha XII kali ini bisa berjalan lancar dan menghasilkan pengurus dan program yang sesuai dengan harapan umat Hindu di Indonesia termasuk Bali. (BB – Kemenag)

Barbareto
Barbareto
Informatif dan Menginspirasi
RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments