Senin, Juli 22, 2024
BerandaNasionalSinergi 3 Kementerian Tingkatkan Ekspor Hasil Pertanian

Sinergi 3 Kementerian Tingkatkan Ekspor Hasil Pertanian

Jakarta-Indonesia. BARBARETO – Sinergi dan kerjasama antar kementerian penting untuk meningkatkan ekspor dan membantu pemulihan ekonomi nasional (PEN). Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian BUMN pada Jumat (12/03) melepas ekspor bersama dari Surabaya ke 12 negara dengan nilai Rp140 miliar.

“Kerja sama ini merupakan permulaan untuk memastikan Indonesia mempunyai eksportir baru sehingga ekonomi terus berkelanjutan di masa yang akan datang,” ujar Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi seperti dikutip dari situs Kemendag.

Keduabelas negara tersebut adalah Amerika Serikat, Hongkong, Timor Leste, Jerman, Brunei Darussalam, Thailand, Tiongkok, Vietnam, Korea Selatan, Mesir, Singapura, dan Bangladesh. Sedangkan komoditas yang diekspor diantaranya adalah bakso, sarang burung walet, pakan ternak, premik, cicak kering, lipan kering, asam amino hewan LLysine sulfate, pakan ternak, susu pasteurisasi, susu, kelapa bulat, mentega kakao, bubuk kakao, biji kopi, cengkeh, dan serat campuran (sillage) allformilk. Totalnya ada 34 jenis.

Mendag melanjutkan, Jawa Timur merupakan pusat perdagangan barang setengah jadi untuk Indonesia bagian timur. Oleh karena itu, Kementerian Perdagangan akan membuat Export Center di Surabaya. Hal ini untuk memastikan komoditas Indonesia dapat melakukan penetrasi ke pasar internasional.

Pada kegiatan ini juga diserahkan sertifikat kesehatan (Health certificate/HC) dan sertifikat fito sanitasi (Phytosanitary Certificate/PC) kepada eksportir oleh tiga Menteri.

Barbareto
Barbareto
Informatif dan Menginspirasi
RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments