Senin, Juli 22, 2024
BerandaBerita TerbaruTiga Hal Yang Harus Diketahui Ketika Melamar Kerja

Tiga Hal Yang Harus Diketahui Ketika Melamar Kerja

BARBARETO – Melamar kerja merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh orang yang ingin mendapatkan penghasilan dari aktivitasnya sehari-hari. Namun, beberapa tahap harus dilalui ketika seorang ingin melamar pekerjaan.

Biasanya, ketika seorang pelamar kerja lulus pemberkasan adminstrasi tahap pertama. Maka akan memasuki babak kedua, yakni proses wawancara atau yang sering disebut dengan istilah interview.

Nah, pada saat inilah biasanya pelamar kerja akan deg-degan. Karena harus menjawab segala pertanyaan yang dilontarkan oleh HRD perusahaan.

Siapa itu HRD?, HRD merupakan kepanjangan dari Human Resource Development atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan pengembangan sumber daya manusia. Tugasnya yaitu, unit yang yang biasanya mengatasi masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manager dan tenaga kerja lainnya.

Dilangsir dari akun resmi Kementerian Ketenagakerjaan RI, pelamar kerja harus bisa menjawab pertanyaan dari HRD ketika diwawancarai, agar mendapatkan nilai plus dan bisa diterima di tempat kerja.

Adapun tiga tips yang harus diketahui oleh pelamar kerja, ketika diwawancarai oleh HRD yaitu :

1. HRD Menilai Kesan Pertama

Pada sesi ini, yang paling awal dinilai oleh HRD pastinya mengenai penampilan dan sikap (atittude). Jadi disesi ini pelamar kerja harus sebisa mungkin menggunakan pakaian rapi, serta berperilaku sopan.

2. Lebih Suka Kejujuran Daripada Terlihat Hebat

Bagi pelamar kerja yang masih berfikiran bahwa HRD akan menyukaimu ketika mengeluarkan seluruh kemampuanmu, maka itu merupakan persepsi yang salah kaprah. Karena sejatinya, yang biasanya disukai oleh HRD yakni sikap jujur yang terlontar ketika sesi wawancarai.

Maka dari itu, sikap tenang dan jujur merupakan langkah kedua yang harus ada dalam diri pelamar kerja. Sebab, secara otomatis nantinya dari sikap jujur itu akan menghasilkan penilaian yang hebat dalam diri pelamar kerja.

3. HRD Diam-diam Mengecek Medsosmu

Nah, pada bagian terakhir ini digunakan agar HRD bisa menyimpulkan tingkah laku asli pelamar kerja melalui media sosial yang dimiliki. Oleh sebab itulah, bagi pelamar kerja yang ingin diterima di tempat melamar.

Maka harus bisa menggunakan Medsos dengan bijak, karena harus diakui jika Medsos juga menggambarkan sifat asli dari si pelamar kerja. (gok)

Barbareto
Barbareto
Informatif dan Menginspirasi
RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments